Kamis, 06 September 2012

Pembaptisan cara Percik/Sprinkling, Tuang/Pouring, atau Selam/Immersion

http://forumimankristen.com/index.php/topic,92.msg977.html#msg977


Matt 28:19 "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus"
ini adalah pesan Yesus kepada Gereja-Nya, sebelum Yesus naik ke surga..

sebelum abad ke-18, tata cara pembaptisan baik itu selam, tuang dan percik bukanlah sesuatu yang menarik utk diperdebatkan.. tetapi setelah muncul klaim2 dari gereja2 yang mengatakan percik dan tuang tidak alkitabiah, maka issue ini menjadi menarik utk di perdebatkan..
===

seperti yang diketahui bahwa baptisan adalah Tradisi Yahudi [Nabi Yehezkiel] yang diteruskan sampai jaman Yohanes Pembaptis, Murid2 Yesus, dan sampai sekarang..
Ezekiel 36:25 KJV "Then will I sprinkle clean water upon you, and ye shall be clean: from all your filthiness, and from all your idols, will I cleanse you."

jika di terjemahkan ke versi Indonesia maka seperti ini :
Yehezkiel 36:25 "Aku akan menyiramkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu."

dengan demikian maka tradisi 'zaraq/penyiraman air bersih' utk mentahirkan dosa2 dan segala kenajisan sudah dikenal dalam tradisi Yahudi. kemudian apakah benar kata dasar bap-tid'-zo hanya diartikan 'Membenamkan diri scr full di dalam air'...????

mari kita liat :
  • Mark 7:4 "καὶ ἀπ' ἀγορᾶς ἐὰν μὴ βαπτίσωνται οὐκ ἐσθίουσιν, καὶ ἄλλα πολλά ἐστιν ἃ παρέλαβον κρατεῖν, βαπτισμοὺς ποτηρίων καὶ ξεστῶν καὶ χαλκίων"

    Mark  7:4 [KJV] "And when they come from the market, except they wash, they eat not. And many other things there be, which they have received to hold, as the washing of cups, and pots, brasen vessels, and of tables."

    apakah jika org2 farisi sehari makan 3 kali maka 3 juga orang farisi tsb membenamkan diri di kolam? apakah setiap org farisi mempunyai kolam dirumah mereka masing2?  :)

    dari ayat tsb maka dapat disimpulkan bahwa bap-tid'-zo dapat diartikan mencuci/menyiram/membasuh..!
  • http://www.greekbible.com/index.php
    Luke 11:38 "ὁ δὲ Φαρισαῖος ἰδὼν ἐθαύμασεν ὅτι οὐ πρῶτον ἐβαπτίσθη"βαπτίζω,v  \{bap-tid'-zo}" πρὸ τοῦ ἀρίστου."
    Luke 11:38 [KJV] "And when the Pharisee saw it, he marvelled that he had not first washed before dinner."
    Lukas 11:38 TB "Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan."

    dari disini dapat ditarik kesimpulan bahwa babtis bukan hanya diartikan sebagai Membenamkan, bap-tid'-zo dapat diartikan mencuci/menyiram/membasuh..!

Dengan demikian maka baik Selam, Tuang dan Percik adalah tata cara baptis yang Alkitabiah..

Salam Damai,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar