Kamis, 06 September 2012

Dosa Berat dan Dosa Ringan dalam kaitanya dengan Purgatorium.

http://forumimankristen.com/index.php/topic,100.msg1276.html#msg1276

ada kata kiasan seperti ini : "tidak ada manusia yang sempurna"
kata2 ini 100% benar, tetapi sering kita dengar bahkan terkadang kita anggap sebagai angin lalu saja masuk kuping kiri keluar kuping kanan..

ketika saya terjemahkan ke dalam makna teologis maka kata kiasan ini akan bertubrukan dengan TUNTUTAN Allah yang meminta manusia 100% sempurna utk mendapatkan imbalan yang sempurna juga [i.e. surga]..
sungguh ironi bahwa Allah menciptakan manusia dengan segala ketidaksempurnaannya tetapi disisi lain Allah menuntut supaya manusia sempurna. bagaimana bisa seperti itu..? akhirnya dikasihlah contoh nyatanya, bahwa Putera-Nya dijadikan contoh bahwa kedagingan yang lemah pun bisa dituntun utk menjadi sempurna, Yesus-lah contoh konkretnya..


saya tidak mau panjang lebar membahas masalah Putera-Nya di trit ini, tapi yang saya mau bahas bagaimana jika kita tidak dapat mencapai full 100% sempurna seperti Yesus..? apakah artinya kita abadi menderita ke neraka..?
saya yakin bahwa Allah tidak mungkin menghukum SI A yang merampok seisi rumah dan memperkosa penghuninya, dengan SI B yang mencontek 1 soal dalam ulangan Matematika dengan hukuman/Dosa yang sama..
contoh diatas hanya kiasan..
Gereja Katolik membedakan antara Dosa Ringan dan Dosa Berat, dan pengajaran ini merupakan Dogma Gereja Katolik :
  • The souls of those who die in the condition of personal grievous sin enter Hell. (de fide);
  • The punishment of Hell lasts for all eternity. (de fide);
  • The souls of the just which, in the moment of death, are burdened with venial sins or temporal punishment due to sins, enter purgatory. (de fide)

dari dogma yang tidak bisa salah tersebut diambil kesimpulan bahwa orang yang meninggal dalam keadaan dosa berat langsung masuk neraka abadi, dan orang yang meninggal dalam keadaan masih mempunyai dosa ringan masuk ke dalam purgatorium.
dengan iman yang orthodox hal ini tidak bisa salah [i.e. Infalibilitas]..!

 
Apa benar ada pengampunan di purgatorium..?
Dasar Alkitab :
Luk 12:58-59 "Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana , sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."
Mat 5:26 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

Maksud penjara dalam Luk 12:58-59 dan pelunasan hutang dalam Mat 5:26 tsb tentu bukanlah penyiksaan abadi di neraka. karena jika orang yang sudah masuk neraka tidak akan bisa keluar lagi [bdk Mat 25:41]..



1 Yoh 5:16-17 "Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa. Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut."

dari ayat diatas diambil kesimpulan bahwa ada dosa yang mendatangkan maut dan ada dosa yang tidak mendatangkan maut..
bagaimana jika :
  • Si A meninggal dalam kondisi dosa yang mendatangkan maut => Neraka;
  • Si B meninggal dalam kondisi dosa yang tidak mendatangkan maut => Purgatorium,
    Karena surga adalah KUDUS tidak ada yang najis/dosa didalamnya [Why 21:27];

dari contoh :
untuk Si A sudah tutup buku dan tutup cerita, tetapi utk Si B Gereja di dunia masih dapat membatu agar proses pemurnian, penyempurnaan, penyucian lebih cepat yaitu dengan cara Misa Arwah, Indulgensi, perbuatan baik, Puasa, Ekaristi, etc..
hal ini ditegaskan kembali dalam 'De Fide/ Dogma' : The living Faithful can come to the assistance of the Souls in Purgatory by their intercessions.

jadi, jangan segan2 mendoakan saudara2 kita yang masih ada di purgatorium.. 


Tuhan Sertamu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar